Senin, 07 Februari 2011

Microsoft Office Excel 2003

BAB I
MENGENAL MICROSOFT EXEL 2003


A. Pendahuluan

Microsoft Office 2003, merupakan software perangkat lunak yang dapat digunakan pada kegiatan mengolah data angka berikut tulisan. Microsoft Office 2003 menyediakan aplikai Microsoft Exel. Microsoft Exel merupakan bagian perangkat lunak yang berfungsi mengolah data angka matematika secara sistematis, cepat dan mudah penggunaannya.

Untuk mengoperasikan Microsoft Exel, harus memastikan apakah computer kita sudah memiliki Microsoft Exel. Microsoft Office 2003, umumnya sudah memiliki perangkat aplikasi exel. Dengan tampilan awal seperti pada gambar berikut. Apabila komputer kita belum memilikinya, kita harus melakukan penginstalan agar tertera pada Komputer. Cara penginstalan dapat ditanyaklan pada tenaga teknisi.



B. Membuka Microsoft Exel 2003

Mengaktifkan Microsoft Exel 2003 tidak terlalu sulit, terlebih bagi mereka yang sudah biasa berhadapan dengan computer akan lebih mudah mengoperasikan.

Langkah mengaktifkan ada sua cara, yaitu :
1. Klik Star.
2. Pilih Program, kemudian akan mucul pilihan perangkat lunak
3. Pilih Microsoft Office.
4. Pilih dan klik Microsoft Exel 2003

Cara kedua, harus diperhatikan bahwa dilayar monitor telah tertera Shortcut Microsoft Exel. Apabila belum ada, anda harus membuatnya. Cara membuatnya perhatikan pada gambar I – 2. selanjutnya langkah kedua adalah klik ganda ( double clik ) shortcut tersebut.


Setelah dilakukan cara pertama dan kedua selanjutnya layar Microsoft Exel akan terbuka seperti pada gambar I - 3

C. Menggerakkan Perintah

Mengerakan perintah atau disebut juga dengan pointer dapat dilakukan dengan cara :
1. Dengan menggunakan Keyboard
Perhatikan papan keyboard computer anda, lalu pahami tombol dan keterangan berikut :




2. Dengan menggunakan Mouse
Menggunakan perintah dengan keyboard dapat lebih cepat, hanya saja bila dapat mengingat dan telah mahir menggunakannya. Selain keyboard, mouse dapat digunakan melakukan perintah dengan hanya meng-klik yang diinginkan. Sebagai contoh berpindah kolon dari A2 ke D13. Untuk lebih memahami penggunaan dapat mempraktekkan secara langsung.


D. Menyimpan dan Menutup

Apabila pada lembar ( Sheet ) telah dimasukkan data, maka data tersebut perlu disimpan sebagai file atau dokumen. Untuk melakukan penyimpanan ( save ) dapat dilakukan dengan cara :

Cara penyimpanan
1. Klik File.
2. Pilih dan klik Save As bila lembar kerja tersebut belum masuk dalam sebuah file. Setelah itu akan muncul kotak dialog Save As.
Penyimpanan dokumen dapat ditempatkan dalam komputer di Lokal My Dokumen dan Lokal D, baik dalam bentuk Foler maupun tidak. Folder merupakan nama file pribadi.
3. Setelah keluar kotak dialog, kemudian tulis nama file.
4. Klik OK.
Untuk menutup atau keluar dari lembar kerja cukup hanya mengklik file lalu pilih dan klik close dan untuk keluar dari Ms Exel klik Exit..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar